Cara Menjaga Lingkungan Tetap Sehat Demi Kesehatan Keluarga


Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjaga lingkungan sehat. Mulai dari menghilangkan sumber-sumber penyakit yang ada di sekitar kita hingga membuat kesehatan tubuh meningkat.
Lingkungan yang bersih juga pasti akan membuat kita semakin nyaman serta betah berada di dalam rumah maupun di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dijaga kebersihannya tidak hanya terbatas pada kebersihan rumah namun juga lingkungan sekitar rumah. 
Namun, kebersihan lingkungan ini biasanya akan dimulai dari dalam rumah. Ini karena rumah menjadi tempat paling dekat dari kita dan juga kehidupan sehari-hari. Lingkungan yang senantiasa dijaga juga akan menghindarkan kita dari berbagai bencana alam yang terjadi karena ulah manusia, seperti banjir.
Banjir terutama terjadi karena kurangnya resapan air dalam tanah. Hal ini bisa disebabkan karena kebiasaan membuang sampah sembarangan yang akan menyumbat saluran air. 
Sampah yang menggunung juga akan semakin sulit untuk ditanggulangi terutama untuk sampah yang tidak bisa didaur ulang. Ini dapat menjadi sarang penyakit terutama penyakit yang berbahaya dan mengancam nyawa. 
Salah satu upaya dalam menjaga lingkungan tetap sehat adalah dengan kerjasama yang baik dengan semua pihak yang terlibat. Bukan hanya pada individu saja tapi juga masyarakat secara keseluruhan serta pemerintah. 
Sampah yang dimaksud dapat juga berasal dari penggunaan aneka bahan sintesis dan kimiawi untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
Menjaga lingkungan tetap sehat antara lain dapat dilakukan dengan mulai membuang sampah di tempatnya dan bukan di sungai ataupun selokan. Mengubah kebiasaan memang bukan hal mudah, apalagi jika kebiasaan tersebut sudah turun temurun dalam keluarga ataupun masyarakat. 
Keterbatasan lahan yang bisa digunakan sebagai tempat membuang sampah membuat masyarakat di perkotaan lebih memilih untuk membuang sampah ke sungai. Wajar apabila upaya hidup bersih serta sehat secara maksimal belum dapat dilakukan serentak di Indonesia. Kerjasama antara pemerintah dan juga masyarakat harus terjalin baik agar budaya hidup sehat bisa terealisasi secara maksimal.

Cara Menjaga Lingkungan Sehat dan Bersih

Menciptakan dan menjaga lingkungan tetap sehat dapat dilakukan melalui beberapa langkah di bawah ini. Di antaranya adalah:
  1. Proses dalam menjaga lingkungan yang sehat dimulai dengan membangun kesadaran mengenai pentingnya lingkungan bersih pada masyarakat. Terutama sekali adalah pada anak-anak agar kesadaran bisa dipupuk sejak dini. Membiasakan hidup bersih pada anak-anak terutama akan membuahkan hasil yang lebih baik daripada melakukan pembiasaan pada usia setelahnya. Alasannya adalah karena kesadaran akan muncul lewat kebiasaan. Kita dapat memberi contoh pada anak-anak mengenai apa yang harus dilakukan untuk menjaga kebiasaan hidup sehat dan mereka akan mencontohnya serta menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.
  2. Kedua, buatlah tempat sampah yang secara khusus memisahkan antara sampah organik dengan sampah non organik. Biasanya tempat sampah ini akan berbentuk tabung dengan warna berbeda, di mana satu warna dikhususkan untuk sampah organik dan warna lainnya untuk tempat sampah non organik. Ini akan sangat membantu dalam proses menanggulangi timbunan sampah. Sampah organik yang berhasil dipisahkan akan memudahkan proses perencaaan terhadap sampah. Memisahkan sampah merupakan langkah menjaga lingkungan tetap sehat secara sederhana dan mudah dilakukan.
  3. Ketiga, buatlah jadwal rutin dalam melakukan aktivitas pembersihan lingkungan. Dengan jadwal yang telah disusun ini, kita dapat membiasakan diri dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tentunya jadwal ini tidak hanya disusun tapi juga dilaksanakan sebaik-baiknya. Keseriusan dalam melaksanakan jadwal juga menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga lingkungan tetap sehat. Jadwal pembersihan lingkungan ini juga sebaiknya menjadi kebiasaan hidup agar dapat dilaksanakan sehari-hari dan tidak hanya pada saat-saat tertentu saja.
  4. Buatlah aktivitas kreatif terkait pengelolaan sampah non organik untuk menjadi benda yang produktif serta dapat menghasilkan uang. Daur ulang sampah seperti ini sudah merupakan hal yang umum ditemukan pada masyarakat guna mengurangi tumpukan sampah yang ada. Tutorial cara pembuatannya dapat kita peroleh melalui berbagai media terutama dari internet. Tidak hanya dapat mengurangi sampah yang ada, daur ulang ini juga dapat menghasilkan uang karena hasil dari daur ulang bisa dijual kembali dengan harga tinggi. Pemasaran barang daur ulang terutama akan memiliki nilai branding tinggi sebagai produk ramah lingkungan. Sampah dapat diolah kembali tanpa harus menjadi beban bagi alam serta lingkungan.
Cara-cara menjaga lingkungan tetap sehat di atas bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah serta dilaksanakan oleh pemerintah tapi juga seluruh lapisan masyarakat. 
Sinergi antara masyarakat serta pemerintah akan menghasilkan lingkungan sehat yang maksimal dan bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat. Pemerintah dapat melakukan sosialisasi mengenai lingkungan sehat pada masyarakat dan masyarakat yang menerapkanya sesuai arahan dari pemerintah.
Pemerintah juga dapat melakukan penyediaan tempat sampah organik serta non organik dan juga program daur ulang sampah yang bermanfaat.
Menjaga lingkungan tetap sehat juga harus dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya satu atau dua kali saja. Rangkaian program serta kegiatan yang diadakan pemerintah dan masyarakat seharusnya menjadi kegiatan rutin sehari-hari dan bukan hanya dilaksanakan pada saat-saat tertentu saja. Selain itu, jangan menunggu sampai terjadi banjir terlebih dahulu sebelum menerapkan langkah-langkah penjagaan lingkungan sehat di atas. 
Akan lebih baik apabila menjaga lingkungan tetap sehat dilakukan jauh sebelum adanya bencana. Dengan langkah-langkah penanganan yang baik, kesehatan lingkungan akan terjamin dan berpengaruh juga pada kesehatan tubuh. Demikian adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan lingkungan. 
Semoga uraian di atas bermanfaat.

0 Response to "Cara Menjaga Lingkungan Tetap Sehat Demi Kesehatan Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel