Apakah Probiotik Bisa Untuk Mengatasi Jerawat?

Probiotik dipuji sebagai must-take untuk kesehatan umum, namun juga dapat menjadi bagian integral untuk kesehatan kulit.

Dalam sebuah penelitian baru, para peneliti menyimpulkan bahwa mikrobiomulit, atau keseimbangan bakteri pada kulit, lebih berkaitan dengan perkembangan jerawat daripada satu jenis bakteri.


Sama seperti mikrobiom usus, ada bakteri baik dan buruk pada kulit kita - dan menemukan keseimbangan yang tepat dapat memperbaiki kesehatan kulit.

Apakah Probiotik Bisa Untuk Mengatasi Jerawat?


Propionibacterium acnes telah lama menjadi penyebab bakteri jerawat, namun Dr. Huiying Li, seorang profesor farmakologi molekuler dan medis di David Geffen School of Medicine di University of California Los Angeles (UCLA), mengatakan bahwa belum tentu kasus.

Li mengatakan kepada Healthline bahwa hasilnya menunjukkan bahwa jerawat bukan hanya karena satu strain bakteri.

"Orang biasanya menganggapnya sebagai satu bakteri jahat, tapi ini sistem yang baik dan buruk," katanya. "Ini benar-benar keseimbangan mikroba."

"Bakteri tidak semuanya buruk. Sebenarnya, mereka melakukan banyak hal baik untuk kita, "tambah Li.

Mempelajari Bakteri Kulit

Faktor genetik juga bisa berdampak pada mikrobioma kulit, dan vitamin B-12 bisa menjadi salah satu faktor tersebut, catat Li.

Timnya mengevaluasi sampel folikel kulit dari 72 orang - 38 memiliki jerawat dan 34 tidak.

Setelah memeriksa DNA untuk membandingkan mikrobiom sampel, periset mengatakan ada perbedaan bakteri antara kedua kelompok tersebut.

Dalam kelompok tanpa jerawat, microbiome memiliki gen yang terkait dengan metabolisme bakteri, yang dianggap penting dalam mencegah bakteri berbahaya dari kolonisasi kulit.

Mereka yang memiliki jerawat memiliki kadar gen terkait virulensi yang lebih tinggi. Ini termasuk yang terkait dengan pengangkutan racun bakteri yang berbahaya bagi kulit.

Li mengatakan bahwa susunan bakteri dalam folikel merupakan indikator kesehatan kulit yang baik. Dengan demikian, perawatan kulit yang ditargetkan untuk mengendalikan mikrobioma kulit dapat membantu mengatasi keseimbangan bakteri yang sehat dan menyebabkan kulit lebih sehat.

Ini mungkin lebih menguntungkan daripada menggunakan antibiotik yang bisa membunuh bakteri kulit berbahaya dan bermanfaat. Dengan kata lain, memberi bakteri sehat pada kulit bisa memperbaikinya - cara yang sama dengan mengkonsumsi probiotik meningkatkan kesehatan usus.

Terapi fag atau mengambil probiotik mungkin cara membersihkan kulit, katanya. Timnya juga memvalidasi temuan tersebut dengan menggunakan sampel dari 10 orang lagi.

"Daripada membunuh semua bakteri, termasuk yang bermanfaat, kita harus fokus pada peralihan keseimbangan ke mikrobiota yang sehat dengan menargetkan bakteri berbahaya atau memperkaya bakteri menguntungkan," Dr. Emma Barnard, seorang peneliti di Departemen Farmakologi Molekuler dan Medis di UCLA's David Geffen School of Medicine, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Probiotik Terbaik Untuk Membersihkan Jerawat?

Mengetahui bahwa probiotik bisa menjadi kunci untuk kulit yang lebih sehat, apakah pil cukup banyak membuat perbedaan pada mikrobioma kulit kita? Itu tergantung pada siapa Anda bertanya.

Li mengatakan bahwa probiotik topikal bisa jadi semua hal menyeimbangkan bakteri pada kulit.

"Kalau kita bisa memodifikasi microbiome, itu bisa berpotensi membantu kondisinya," katanya.

Mencari tahu apakah itu dapat dimodifikasi adalah subjek penelitian masa depan Li.

Dr. Joshua Zeichner, seorang dermatolog dari New York, mengatakan kepada Healthline bahwa terapi untuk menghilangkan bakteri berbahaya dan menggantinya dengan bakteri sehat dapat meminimalkan peradangan kulit dan akan menjadi target pengobatan jerawat di masa depan.

Dr. Julia Oh, seorang peneliti dari The Jackson Laboratory di Connecticut, yang fokus mempelajari microbiome, mencatat bahwa penelitian Li berfokus pada mikrobiom kulit - bukan mikrobiom usus.

Jadi mengambil probiotik over-the-counter mungkin tidak mempengaruhi kulit.

"Tidak diketahui apakah probiotik oral bisa mempengaruhi kulit," katanya. "Saya berani bertaruh, tapi masih banyak penelitian konkret sampai saat ini yang menyarankan strain atau mekanisme tertentu."

Dia mengatakan sebuah probiotik topikal yang memodulasi mikrobioma kulit "seharusnya menjadi taruhan yang bagus, terutama jika probiotik topikal bersifat imunomodulator atau jika ia menekan mikroba kulit 'buruk'," tambah Oh.

Dr. Debra Jaliman, seorang dermatolog yang berbasis di New York, mengatakan kepada Healthline bahwa probiotik oral pasti memiliki dampak positif pada mikrobioma kulit.

"Topikal tidak menembus serta probiotik internal," katanya.

Dia mencatat bahwa VSL # 3 mencakup delapan probiotik. Pastikan untuk menjaga probiotik es saat membeli, dan simpan di lemari pendingin, kata Jaliman.

Ahli dermatologi lain yang berbasis di New York, Dr. Whitney Bowe, sepakat bahwa probiotik oral dapat membantu. Dia mempelajari sumbu otak otak-otak, dan mengatakan kepada Healthline bahwa dia yakin probiotik oral bekerja untuk menyeimbangkan mikrobioma kulit.

Timnya juga melihat apakah diet saja bisa membantu atau jika suplemen dibutuhkan untuk mengatur mikrobiom kulit.

"Semua penelitian ini pada tahap awal, namun ada bukti yang menunjukkan bahwa probiotik oral dan modifikasi diet benar-benar akan memainkan peran utama di masa depan terapi jerawat," kata Bowe. "Saya yakin pada akhirnya akan menjadi kombinasi pendekatan yang paling berhasil."

Tapi Dr. Maggie Kober, seorang dermatolog dari California, mengatakan bahwa tidak ada cukup penelitian untuk mengatakan apakah probiotik oral atau topikal lebih baik. Tapi ada bukti bahwa probiotik oral bisa membantu kulit, katanya.

"Menggunakan topikal dan probiotik oral bersama-sama dapat menyebabkan peningkatan yang lebih besar karena menyeimbangkan mikrobioma secara dangkal dan juga dari dalam," kata Kober kepada Healthline.

0 Response to "Apakah Probiotik Bisa Untuk Mengatasi Jerawat?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel