Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Kunyit merupakan salah satu rempah – rempah yang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri kunyit biasa digunakan sebagai bahan penyedap dalam masakan atau juga sebagai bahan ramuan herbal yang biasa digunakan untuk pengobatan.


Bumbu dapur yang berwarna kuning cenderung orange ini merupakan rempah yang berasal dari India. Tapi sekarang tumbuhan kunyit juga tumbuh hampir disemua daerah nusantara. Selain di tanam, banyak juga tumbuhan kunyit yang tumbuh sendiri dengan liar.



Kandungan kunyit





Di dalam kunyit terdapat banyak sekali zat – zat yang sangat berguna, tak heran jika umbi – umbian ini banyak digunakan dalam segala hal dan juga kaya akan manfaat yang terkandung di dalamnya. Beberapa zat yang terkandung di dalam kunyit, antara lain kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% yang dimana zat ini sangatlah berguna bagi regenerasi sel-sel mati yang ada pada tubuh kita, selain itu juga dalam kandungan ini mengandung Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol serta sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam – garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.
Manfaat dan cara menggunakan kunyit bagi kecantikan

Kunyit juga dapat digunakan sebagai penunjang kecantikan kulit, sperti :

1. Menghilangkan komedo, jerawat dan menyamarkan noda akibat jerawat

Cara menghilangkan komedo dan jerawat beserta bekasnya sangatlah mudah, kalian hanya perlu satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan, lalu ditambahkan susu murni atau yoghurt satu sendok teh, dan cicampur dengan madu murni. Dan oleskan pada wajah, denganpemakaian yang rutin kalian akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menghaluskan, mencerahkan, dan melembabkan kulit

Banyak cara yang dapat digukan jika ingin menghaluskan, mencerahkan, sekaligus melembabkan kulit, seperti :
mencampur kunyit halus dengan satu sendok madu
mencampur kunyit halus dengan air mawar
mencampur kunyit halus dengan sus bubuk
mencampur kunyit halus dengan Mustard Oil
dan tinggal diaplikasikan saja dengan kulit.

3. Mengencangkan kulit dan membuat kulit tempak lebih muda




Cara agar tetap awet muda dengan menggunakan kunyit sudah menjadi ritual umum bagi sebagian wanita. Selain caranya yang mudah harga bahan pembuatannya juga terbilang cukup terjangkau, ramuan awet muda ini terbagi menjadi dua cara :
Untuk kulit wajah kering


Campur putih telur dengan minyak zaitun, jus lemon, air mawar, dan bahan utamanya yaitu kunyit.
Untuk kulit wajah berminyak

Campur kunyit dengan jus tomat dan tepung beras.

Cara mengaplikasikan kedua ramuan tersebut sama, yaitu dengan mengoleskan pada bagian kulit wajah dan juga leher.

4. Mengatasi kulit yang memiliki peroduksi minyak berlebih
Caranya kalian hanya mencampur 3 sendok bubuk kunyit dengan 4 sendok air dari perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, dan diamplikasikan pada kulit wajah yang berminyak.

5. Mengurangi ketombe dan juga rambut rontok



Cara mengatasi rambut rontok cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan kunyit yang telah diparut dan diambil air perasannya untuk digosokan pada kulit kepala.

6. Mengurangi bulu di kulit




Cara mengurangi bulu dengan memanfaatkan kunyit memang terbilang sangat mudah, caranya kalian hanya memerlukan dua sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan air. Setelah itu hanya tinggal diaplikasikan ke kulit kalian saja.

7. Bahan alami untuk mewarnai rambut
Cara ini memang cukup mudah dilakukan caranya hanya perlu menyiapkan cairan kunyit yang telah dicamput dengan air, dan disemprot ke rambut.

8. Mengangkat sel – sel kulit mati



seperti sebelumnya cara kali ini juga sangat mudah, caranya kalian hanya perlu mencampur bubuk kunyit dengan tepung chickpea (kacang arab) yang ditambah sedikit air, gunakan scrub kunyit ini secara rutin 2 kali dalam seminggu.

9. Meghilangkan kulit belang akibat terbakar sinar matahari



ada dua ramuan yang dapat kalian gunakan jika ingin menghilangkan kulit yang belang.
Mencampur kunyit yang telah dihaluskan dengan youghurt
Mencampur kunyit yang telah dihaluskan dengan perasan air lemon


Kalian hanya perlu membuat satu ramuan saja untuk diaplikasikan di kulit kalian yang belang, terserah kalian ingin membuat yang mana kedua ramuan tersebut terbukti ampuh untuk menghilangkan belang yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.
Manfaat kunyit selain untuk kecantikan



Ternyata selain digunakan untuk kecantikan, kunyit juga ternyata memiliki kegunaan lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti :
Menurunkan terjadinya resiko Leukimia ( kanker darah )
Zat yang dapat mencegah depresi
Zat anti-inflamasi ( anti peradangan )
Dapat menetralisir radikal bebas ( sebagai anti-oksidan )
Mencegah cardiovascular ( gangguan kesehatan pada jantung )
Obat dari peradangan sendi
Obat ampuh untuk diare
Pencegah kanker
Mencegah terjadinya alzheimer ( melemahnya daya ingat / pikun )
Mengobati diabetes
Melancarkan siklus menstruasi
Mencegah terjadinya keputihan
Melancarkan ASI
Mengobati anemia ( kurangnya sel darah merah dalam tubuh )
Penambah nafsu makan
Dan mengatasi berbagai penyakit lainnya.



Efek samping akibat penggunaan kunyit





Setiap mahluk ciptaan tuhan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Begitu juga dengan kunyit, walau kunyit sudah memiliki berbagai macam manfaat yang sangat menguntungkan bagi kita sebagai penggunanya, namun kunyit juga memiliki kekurangan yang beberapa efek samping yang ditimbulkan jika kita terus – menerus mengkonsumsi kunyit, efek samping tersebut diantaranya dalah :

1. Gangguan lambung

Karena rasa pedas yang dimiliki oleh kunyit, jika mengkonsumsi kunyit dalam jangka panjang dapar meningkatkan asam lambung. Maka dari itu bagi penderita maag sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kunyit dalam jumlah yang berlebih. Ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

2. Merangsang rahim

Tidak dianjurkan untuk para ibu hamil untuk mengkonsumsi kunyit terlebih dalam jumlah yang banyak. Karena jika mengkonsumsi kunyit apa lagi dalam jumlah yang banyak para ibu hamil akan mengalami kontaksi dan bagi yang sedang hamil muda kemungkinan akan terjadinya keguguran.

3. Pendarahan

Walau kunyit dipercaya dapat mencegah terjadinya penggumpalan dara, tapi jika digunakan secara terus menerus pengguaan kunyit dapat mengakibatkan pendarahan.

4. Menurunkan efek kemoterapi
Untuk kaian yang sedang melakukan kegiatan kemoterapi sangat tidak dianjurkan untuk kalian mengkonsumsi apapun yang mengandung kunyit didalamnya, karena jika kalian mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit didalamnya itu akan mengganggu proses kemoterapi yang kalian jalani dan dapat menurunkan efek dari obat kemoterapi tersebut.

5. Alergi

Bagi sebagian orang mungkin saja alergi terhadap kunyit, biasanya efek yang ditimbulkan akibat alergi tersebut adalah ruam merah yang ada dikulit dan disertai dengan gatal atau bahkan ada juga yang ditandai dengan muntah.


Demikian Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

0 Response to "Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel